Langsung ke konten utama

kisi-kisi uts mtk kls 7 smt1

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER I
SMP :..............................
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA                                                  Alokasi Waktu  : 90 Menit
KELAS                           : VII (7)                                                                    Jumlah Soal      : 35
SEMESTER                   : I (Satu)                                                                   Penyusun          :  1.
                                                                                                                                             2.
                                                                                                                           3.  MGMP Rumpun
BILANGAN
Standar Kompetensi : 1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah       
No
Kompetensi Dasar
Materi
Bahan Kls/smt
Indikator Soal
Aspek
Bentuk  Soal
(PG,Uraian, Praktik)
Nomor Soal
Prediksi Tingkat Kesukaran Soal
Ket
MD
SD
SK
1.











1.1   Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan


Bilangan Bulat
Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal.3-38
-  Menyatakan operasi bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan

-  Dapat menyatakan penurunan nilai suhu pada bilangan negatif

-  Menentukan selisih suhu udara antara kota A dan kota B apabila suhu kedua kota diketahui

-  Menentukan hasil dari penjumlahan bilangan bulat positif dengan bilangan negatif

-  Menentukan hasil dari pengurangan bilangan bulat negatif dengan bilangan negatif

-  Menentukan hasil dari perkalian bilangan bulat positif dengan bilangan negative

-  Menentukan hasil dari pembagian bilangan bulat positif dan perkalian bilangan negative

-  Menyelesaikan operasi hitung campuran pada bilangan bulat

-  Mentukan hasil skor nilai ujian dengan menggunakan operasi hitung bilangan bulat.

-  Menentukan hasil penjumlahan bilangan berpangkat

-  Menyelesaikan operasi hitung campuran pada bilangan berpangkat

-  Menyelesaikan perkalian bilangan berpangkat dipangkatkan

-  Menentukan hasil operasi campuran akar kuadrat bilangan bulat


C1/A1





C1




C2






C1





C2




C2






C1





C2




C2





C1




C1




C2





C2


Pilihan Ganda (PG)




PG




PG






PG





PG




PG






PG





PG




PG





PG




PG




PG





PG
1





2




3






4





5




6






7





8




9





10




11




12





13

ü





ü




ü

















ü











    




    






ü















ü

















  
ü





ü











ü





ü















ü























































ü















ü


2.










1.2   Menggunakan sifat-sifat opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan masalah.
Bilangan Bulat dan
Bilangan Pecah








Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal.39-78
- Menyatakan hubungan antara dua pecahan denagn menggunakan tanda”>”,”<”

-  Menyatakan bentuk pecahan yang ditunjukan oleh daerah yg diarsir pada gambar

-  Menentukan nilai pecahan dengan urutan naik

-  Menentukan satu pecahan yang nilainya diantara dua pecahan

-  Mengubah bentuk pecahan biasa kebentuk pecahan campuran

-  Mengubah bentuk pecahan biasa kebentuk ke bentuk desimal

-  Menentukan hasil dari akar kuadrat bilangan pecahan

-  Mengubah bentuk persen ke bentuk pecahan biasa

-  Menentukan hasil penjumlahan  bilangan pecahan campuran

-  Menentukan hasil pengurangan  bilangan pecahan

-  Menentukan hasil perkalian  bilangan pecahan campuran

-  Menentukan hasil pembagian bilangan pecahan campuran
-        
-  Menyederhanakan perkalian bilangan pecahan berpangkat

-  Menyederhanakan pembagian bilangan pecahan berpangkat

-  Menentukan bentuk baku pecahan

-  Menentukan pembulatan dan bentuk baku pecahan

-  Mengubah bentuk pecahan kedalam bentuk baku



C1





C1





C1



C1





C2



     

C2





C1




C2



C1




C1




C1



C1




C2




C2



C1



C2




C1


Pilihan Ganda (PG)




PG





PG



PG





PG





PG





PG




PG



PG




PG




PG



PG




PG




PG



PG



PG




PG
14





15





16



17





18





19





20




21



22




23




24



25




26




27



28



29




30
ü



ü



ü













ü





ü
























ü

















ü




ü



ü
















ü






















ü








ü













ü




ü

























ü




















ü









ü













ü













ALJABAR
Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel              
No
SK/SKL/Kompetensi Dasar
Materi
Bahan Kls/smt
Indikator Soal
Aspek
Bentuk  Soal
(PG,Uraian, Praktik)
Nomor Soal
Prediksi Tingkat Kesukaran SOAL
Ket
MD
SD
SK
3.
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya









Bentuk Aljabar
Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal.79-83
-   Menyatakan definisi bentuk aljabar

-  Menentukan suku aljabar yg mempunyai koefisien x2=1 dan koefisien x=3

-  Menyatakan pasangan suku-suku sejenis

-  Menyatakan pasangan  suku  tak sejenis

-  Menyatakan pasangan kolompok suku sejenis





C1



C1





C2


C1



C2



Pilihan Ganda (PG)


PG





PG


PG



PG

31



32





33


34



35



ü









ü


ü



ü





ü

























            Mengetahui,                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Matematika,
            Kepala................................




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PLSV DAN PtLSV

ULANGAN HARIAN 4 MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER I ALJABAR Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Isilah Pertanyaan-Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Memilih Jawaban Yang Benar ! Persamaan Linear Satu Variabel 1.      Hasil kali lima dan dua adalah tiga. Kalimat tersebut merupakan .... a.    kalimat terbuka c.    kalimat yang salah b.    kalimat yang benar d.    kalimat tak berarti 2.      Perhatikan pernyataan berikut : (i)   x – 2 = 8 (ii)   12 + 3 = 15 (iii) 6a + 4 = 5a – 7 (iv) p adalah bilangan prima Yang merupakan kalimat terbuka adalah .... a.    (i), (ii), dan (iii) c.    (i), (ii), dan (iv) b.   (i), (ii), dan (iv) d. (ii), (iii), dan (iv) 3.      Kalimat matematika x + 6 = 10 disebut .... a.    kalimat benar c.    ketidaksamaan b.    persamaan d.   

PR MTK KLS 8 SEMESTER GENAP

PETUNJUK KHUSUS: Untuk mengasah dan menguji kemampuan cara berpikir Anda secara rasional, logis dan kritis, pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan   pada bulatan di depan   huruf          A , B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!   1.           Cara untuk menentukan Panjang sisi x pada gambar di bawah adalah… .   2.           Perhatikan Gambar! Nilai a adalah… . A.     81                                  B.     16 C.    9 D.    5               3.           Perhatikangambar berikut! Nilai x adalah… A. 3,74 B. 5,29 C. 5 D. 10     4.       Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah Gedung kira – kira 8 meter. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapakah panjang    tangga minimum yang dibutuhkan agar kaki-kaki tangga tidak merusak taman tersebut? A. 16 B. 14 C. 12 D. 10   5.        Luas daerah yang di arsi

soal Pengayaan materi sistem koordinat kls 8

SOAL PENGAYAAN 1. Gambarlah titik A(2,-3), B(-4,5), C(3,6), dan D(-4,-6) pada bidang koordinat !      Penyelesaian : 2. Gambarlah garis l yang melalui titik B(-4,-1) dan tegak lurus sumbu-y!     Penyelesaian : 3. Gambarlah garis m yang melaui titik C(3,-5) dan tegak lurus sumbu -x!     Penyelesaian : 4. Gambarlah garis n yang melalui titik  D(-2,5) yang tidak tegak lurus terhadap sumbu x dan tidak tegak lurus terhadap sumbu y! Penyelasaian : 5. Gambarlah 4 titik K, L M dan N yang berjarak sama terhadap titik asal O(0,0)!     Penyelesaiana: 6. Gambarlah 4 titik P, Q, R, S yang berjarak sama terhadap titik A(2,-3)!     Penyelesaian : 7. Gambarlah titik A(-6,5), B(6,6), C(-5,6) dan D(3,-4) pada bidang koordinat!     a. Coba hubungkan keempat titik tersebut apa yang terjadi?     b. Coba gambar kembali keempat titik itu dengan syarat semua titik koordinat-x-nya dikurangi 2 dan koordinat-y-nya ditambah 2? Penyelesaian : 8. Gambarlah titik A(-2,3), B(4,3), C(1,2) dan