SMP NEGERI 17 BEKASI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA Alokasi Waktu : 90 Menit
KELAS : VII (7) Jumlah Soal : 35
SEMESTER : II (DUA) Penyusun : 1. Wiwi Warliatin, S.Pd
KURIKULUM : KTSP 2. Ari Ratna,S.Pd
3. MGMP Rumpun
Standar Kompetensi : ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Bahan Kls/smt
|
Indikator Soal
|
Aspek
|
Bentuk Soal
(PG,Uraian, Praktik)
|
Nomor Soal
|
Prediksi Tingkat Kesukaran Soal
|
Ket
| |||||
MD
|
SD
|
SK
| ||||||||||||
1.
|
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
4.2 Memahami konsep himpun an bagian
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
4.4.Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
4.5. Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
HIMPUNAN :
Menyatakan notasi himpunan.
Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan
Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari dua himpunan.
Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan.
Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
|
Buku paket matematika BSE (Kls VII)
Hal. 165 - 193
Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal.
|
|
C1/A1
C1
C1
C1
C2
C2
C2
C1
C2
C2
|
Pilihan Ganda (PG)
PG
PG
Essay
PG
PG
PG
PG
Pilihan Ganda (PG)
PG
|
1
2
3
31
4
5
6
7
8
9
|
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
|
Standar Kompetensi : GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
No
|
SK/SKL/Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Bahan Kls/smt
|
Indikator Soal
|
Aspek
|
Bentuk Soal
(PG,Uraian, Praktik)
|
Nomor Soal
|
Prediksi Tingkat Kesukaran SOAL
|
Ket
| ||||||||
MD
|
SD
|
SK
| |||||||||||||||
2.
|
5.1. Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
|
Garis dan Sudut :
Kedudukan dua garis pada masalah kontekstual
Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan.
Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain
Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain
|
Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal. 202 - 216
|
|
C1
C1
C2
C2
C2
C2
C2
C2
C2
C1
C2
C2
|
Pilihan Ganda (PG)
PG
Essay
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
10
11
32
12
13
14
15
16
17
18
19
20
|
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
|
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
No
|
SK/SKL/Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Bahan Kls/smt
|
Indikator Soal
|
Aspek
|
Bentuk Soal
(PG,Uraian, Praktik)
|
Nomor Soal
|
Prediksi Tingkat Kesukaran SOAL
|
Ket
| ||||||||
MD
|
SD
|
SK
| |||||||||||||||
3.
|
6.3 Menghi ung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Segiempat dan segitiga :
Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat dengan cara mengukur panjang sisinya
Menemukan luas persegi dan persegipanjang menggunakan petak-petak(satuan luas)
- Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah
|
Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal. 234 – 284
|
|
C1
C2
C1
C1
C2
C2
C1
C2
C2
C2
C2
C2
|
Pilihan Ganda (PG)
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Essay
Essayy
Essay
|
21
22
23
24
25
26
27
28
29
33
34
35
|
ü
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
ü
ü
|
ü
ü
ü
| |||||||
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
|
Segitiga
|
- Disajikan gambar untuk menentukan urutan melukis garis bagi pada segitiga
|
C2
|
PG
|
30
|
ü
|
Bekasi, 10 Mei 2016
Kepala SMP Negeri 17 Bekasi,
Komentar
Posting Komentar