Langsung ke konten utama

KISI-KISI UKK MTK KELAS 7 KTSP 2016

SMP NEGERI 17 BEKASI
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA                                                Alokasi Waktu : 90 Menit
KELAS                         : VII (7)                                                             Jumlah Soal    : 35
SEMESTER                 : II (DUA)                                                          Penyusun        : 1. Wiwi Warliatin, S.Pd
KURIKULUM                : KTSP                                                                                        2. Ari Ratna,S.Pd
                                                                                                                                      3.  MGMP Rumpun
Standar Kompetensi            :  ALJABAR
4.     Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
No
Kompetensi Dasar
Materi
Bahan Kls/smt
Indikator Soal
Aspek
Bentuk  Soal
(PG,Uraian, Praktik)
Nomor Soal
Prediksi Tingkat Kesukaran Soal
Ket
MD
SD
SK
1.



































































4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya






4.2 Memahami konsep himpun an bagian









4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan






4.4.Menyajikan himpunan dengan diagram Venn









4.5. Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah








HIMPUNAN :
Menyebutkan anggota
dan bukan anggota
suatu himpunan

Menyatakan notasi himpunan.




Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan

Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan







Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari  dua himpunan.





Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya


Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan


Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan.


Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari













Buku paket matematika BSE (Kls VII)
Hal. 165 - 193


























Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal.


· Peserta didik dapat menentukan anggota (elemen ) himpunan bilangan prima antara 15 s.d 30

· Peserta didik dapat menyatakan anggota himpunan bilangan prima < 20 dengan notasi pembentuk himpunan

· Menentukan  banyaknya anggota dari himpunan A


· Peserta didik dapat mendaftar anggota suatu himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
A = {x│x < 4, x bilangan cacah}

· Menentukan Q Ç R dengan Q = { faktor prima dari 30} dan R = { bilangan ganjil kurang dari 11}


· Peserta didik dapat menentukan hasil pengurangan himpunan  AB


· Menuliskan Komplemen dari diagram venn Himpunan (A È B)c


·  Peserta didik dapat menentukan hasil  dari AÈB pada diagram venn




·  Diberikan bentuk pernyataan menentukan kegemaran (irisan) bidang studi 40 siswa terhadap pelajaran Matematika 30 dan b Inggris 25

·  Diberikan soal cerita untuk menentukan jumlah siswa dalam kegemaran Olah Raga 35 gemar Basket, 20 gemar volley, 9 gemar keduanya dan 5 siswa tdk gemar keduanya

C1/A1





C1





C1



C1










C2






C2





C2






C1






C2







C2
Pilihan Ganda (PG)




PG






PG


Essay










PG






PG





PG






PG






Pilihan Ganda (PG)






PG







1





2






3


31










4






5





6






7






8







9







ü





ü






ü


ü

































































ü






ü












ü






ü









































ü





















ü




Standar Kompetensi    :    GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
No
SK/SKL/Kompetensi Dasar
Materi
Bahan Kls/smt
Indikator Soal
Aspek
Bentuk  Soal
(PG,Uraian, Praktik)
Nomor Soal
Prediksi Tingkat Kesukaran SOAL
Ket
MD
SD
SK
2.


5.1. Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut









5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

Garis dan Sudut :

Kedudukan dua garis pada masalah kontekstual




Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan.







Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain


Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain


Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal. 202 - 216
·Menyebutkan kedudukan garis  g dan h  berpotongan di O , garis m dan m ⁄⁄ h maka garis g (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) dengan garis m


·  Menentukan hasil pengurangan satuan derajat menit  detik

·  Menentukan hasil perhitungan campuran satuan derajat, detik dan menit

·  Disajikan gambar  dalam menentukan pasangan sudut dalam bersebrangan


·Menentukan besar varabel x dari sudut berpelurus 74o + (3x-1)o


·Disajikan gambar  untuk menentukan penyiku sudut 65O

·Disajikan gambar untuk menentukan pasangan sudut sama besar dalam segitiga




·Disajikan gambar untuk mentukan  besar pelurus

·Disajikan gambar untuk menentukan nilai dari 3a + 5b pada sudut sepihak bangun segi empat

·Disajikan gambar untuk menentukan nilai sudut sehadap dengan ÐA

·Menentukan sudut terbesar  dari sudut-sudut  segitiga 4xo, 6xo, 8xo

·Disajikan gambar untuk menentukan besar nilai sudut luar p + d dengan data nilai a = 35°dan nilai r =70°





C1








C1




C2



C2





C2





C2




C2







C2





C2






C1



C2





C2
Pilihan Ganda (PG)







PG




Essay



PG





PG





PG




PG







PG





PG






PG



PG





PG



10








11




32



12





13





14




15







16





17






18



19





20





ü





























ü




ü




















ü










ü




ü



ü





ü


















ü















ü


















































ü

















ü



GEOMETRI
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
No
SK/SKL/Kompetensi Dasar
Materi
Bahan Kls/smt
Indikator Soal
Aspek
Bentuk  Soal
(PG,Uraian, Praktik)
Nomor Soal
Prediksi Tingkat Kesukaran SOAL
Ket
MD
SD
SK
3.
6.3 Menghi ung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Segiempat dan segitiga :
Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat dengan cara mengukur panjang sisinya










































Menemukan luas persegi dan persegipanjang menggunakan petak-petak(satuan luas)







- Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah


Buku teks matematika BSE (Kls VII)
Hal. 234 – 284





































-   Disajikan bangun datar segitiga untuk menentukan kelilingnya

- Disajikan suatu segitiga mempunyai panjang alas 50 cm. Jika luas segitiga tersebut 150 cm2, tinggi segitiga

- Disajikan gambar persegi panjang dengan panjang y dan lebar x untuk menentukan luasnya, Nilai x = 15cm dan nilai y = 24cm

- Disajikan gambar persegi dengan sisi 12 cm untuk menentukan kelilingnya

- Menentukan luas belahketupat dengan Panjang diagonal-diagonal suatu belah ketupat adalah 32 cm dan 24 cm







- Disajikan gambar jajargenjang untuk menentukan Luas jajar genjang tersebut

- Disajikan gambar trapesium untuk menghitung kelilingnya

- Pada layang-layang PQRS, PR=25cm, SQ =24cm dan RT =16  cm. Keliling PQRS

- Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi untuk menentukan luasnya

- Menentukan panjang sisi dengan Luas sebuah persegi sama dengan luas sebuah persegi panjang yang berukuran panjang 16 cm dan lebar 9 cm

Dapat menentukan jenis segitiga dengan menentukan besar  susut-sudutnya (5x+6), (4x+4),
(x-8)

- Disajikan gambar  layang-layang Jika ÐPRS = 65° untuk menentukan  besar ÐSPR







C1




C2





C1








C1





C2













C2





C1




C2




C2






C2






C2





C2
Pilihan Ganda (PG)


PG






PG








PG





PG













PG





PG




PG




PG






Essay






Essayy





Essay






21



22






23








24





25













26





27




28




29






33






34





35




ü










ü








ü



















ü





























ü






ü





















ü





























ü



















ü















































ü




ü












ü




6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
Segitiga

-  Disajikan gambar untuk menentukan urutan melukis garis bagi pada segitiga
C2






PG






30







ü


















Bekasi,   10  Mei 2016   

            Mengetahui,                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran Matematika,

            Kepala SMP Negeri 17 Bekasi,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PLSV DAN PtLSV

ULANGAN HARIAN 4 MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER I ALJABAR Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Isilah Pertanyaan-Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Memilih Jawaban Yang Benar ! Persamaan Linear Satu Variabel 1.      Hasil kali lima dan dua adalah tiga. Kalimat tersebut merupakan .... a.    kalimat terbuka c.    kalimat yang salah b.    kalimat yang benar d.    kalimat tak berarti 2.      Perhatikan pernyataan berikut : (i)   x – 2 = 8 (ii)   12 + 3 = 15 (iii) 6a + 4 = 5a – 7 (iv) p adalah bilangan prima Yang merupakan kalimat terbuka adalah .... a.    (i), (ii), dan (iii) c.    (i), (ii), dan (iv) b.   (i), (ii), dan (iv) d. (ii), (iii), dan (iv) 3.      Kalimat matematika x + 6 = 10 disebut .... a.    kalimat benar c.    ketidaksamaan b.    persamaan d.   

PR MTK KLS 8 SEMESTER GENAP

PETUNJUK KHUSUS: Untuk mengasah dan menguji kemampuan cara berpikir Anda secara rasional, logis dan kritis, pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan   pada bulatan di depan   huruf          A , B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!   1.           Cara untuk menentukan Panjang sisi x pada gambar di bawah adalah… .   2.           Perhatikan Gambar! Nilai a adalah… . A.     81                                  B.     16 C.    9 D.    5               3.           Perhatikangambar berikut! Nilai x adalah… A. 3,74 B. 5,29 C. 5 D. 10     4.       Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah Gedung kira – kira 8 meter. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapakah panjang    tangga minimum yang dibutuhkan agar kaki-kaki tangga tidak merusak taman tersebut? A. 16 B. 14 C. 12 D. 10   5.        Luas daerah yang di arsi

soal Pengayaan materi sistem koordinat kls 8

SOAL PENGAYAAN 1. Gambarlah titik A(2,-3), B(-4,5), C(3,6), dan D(-4,-6) pada bidang koordinat !      Penyelesaian : 2. Gambarlah garis l yang melalui titik B(-4,-1) dan tegak lurus sumbu-y!     Penyelesaian : 3. Gambarlah garis m yang melaui titik C(3,-5) dan tegak lurus sumbu -x!     Penyelesaian : 4. Gambarlah garis n yang melalui titik  D(-2,5) yang tidak tegak lurus terhadap sumbu x dan tidak tegak lurus terhadap sumbu y! Penyelasaian : 5. Gambarlah 4 titik K, L M dan N yang berjarak sama terhadap titik asal O(0,0)!     Penyelesaiana: 6. Gambarlah 4 titik P, Q, R, S yang berjarak sama terhadap titik A(2,-3)!     Penyelesaian : 7. Gambarlah titik A(-6,5), B(6,6), C(-5,6) dan D(3,-4) pada bidang koordinat!     a. Coba hubungkan keempat titik tersebut apa yang terjadi?     b. Coba gambar kembali keempat titik itu dengan syarat semua titik koordinat-x-nya dikurangi 2 dan koordinat-y-nya ditambah 2? Penyelesaian : 8. Gambarlah titik A(-2,3), B(4,3), C(1,2) dan