Langsung ke konten utama

Grafik Persamaan Garis Lurus

A. Ayo Menalar !
Soal No 2. Gambarlah garis dengan prsamaan berikut dengan cara menentukan titik potong dengan sumbu-X da sumbu-Y (Buku siswa Hal.144-145)
a. y = 3x + 4
b. y + 2x = 6
c. 2x + 3y = 6
d. 3y + 4x – 5 = 0
Ayo Kita
Berbagi
Coba cocokkan hasil pekerjaan kalian dengan temanmu dan ajari temanmu
jika belum bisa
Penyelesaian  :
a. y= 3x +4
kalian bisa menyelesaikan untuk menentukan sumbu (untuk nilai bilangan bukan pecahan boleh dengan menentukan nilai X atau Y pada sumbu dengan sembarang bilangan)
Misal untuk menentukan titik potong sumbu-Y, Maka x = -1 Adalah
y= 3x +4 ⥟ y = 3(-1)+4
                    y = -3 + 4
                    y = 1
Maka titik potong (x,y) = (-1,1)
Misal x=0 Maka titik potong dengan Sumbu -y adalah
y= 3x +4 ⥟ y = 3(0)+4     
                    y = 4                   
Maka titik potong (x,y) = (0,4)

Misal X=1 Maka titik potong dengan Sumbu -y adalah
y= 3x +4 ⥟ y = 3(1)+4       
                    y = 7                     
Maka titik potong (x,y) = (1,7)
Maka didapat titik koordinat pada sumbu-X dan sumbu-Y (-1,1),(0,4),(1,7)
Coba Kalian buatlah grafik persamaan garis y =3x +4

Ayo Kita Berbagi!
Coba cocokkan hasil pekerjaan kalian dengan temanmu dan ajari temanmu
jika belum bisa dengan cara seperti di atas untuk soal b, c dan d diatas

B. Ayo Berlatih 4.1
3. Gambarlah garis yang memiliki persamaan berikut.
a. 2x = 6y
b. 3x – 4 = 4y
c. 4x + 2y = 6
d. y + 3x – 4 = 0
Penyelesaian saol : b. 3x-4 = 4y ------- -4y = -3x+4        Untuk  persamaan yang bernilai pecahan maka tentukan titik kordinat kpk dari penyebutnya -4y = -3x+4  (dibagi oleh -4 kedua ruas)
y = -3/-4x + 4/-4 ----- misal x = 0 ; -4y = -3(0) +4 ; y = 4/-4; y = -1----- (0,-1)
                                   misal x = 4 ;  y = -8/-4 ; y = 2 ; ---(4,2)
coba kalian misalkan x=8 dgn cara sama dan buatlah grafiknya!
                                                                 
                                                             

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PLSV DAN PtLSV

ULANGAN HARIAN 4 MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER I ALJABAR Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Isilah Pertanyaan-Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Memilih Jawaban Yang Benar ! Persamaan Linear Satu Variabel 1.      Hasil kali lima dan dua adalah tiga. Kalimat tersebut merupakan .... a.    kalimat terbuka c.    kalimat yang salah b.    kalimat yang benar d.    kalimat tak berarti 2.      Perhatikan pernyataan berikut : (i)   x – 2 = 8 (ii)   12 + 3 = 15 (iii) 6a + 4 = 5a – 7 (iv) p adalah bilangan prima Yang merupakan kalimat terbuka adalah .... a.    (i), (ii), dan (iii) c.    (i), (ii), dan (iv) b.   (i), (ii), dan (iv) d. (ii), (iii), dan (iv) 3.      Kalimat matematika x + 6 = 10 disebut .... a.    kalimat benar c.    ketidaksamaan b.    persamaan d.   

PR MTK KLS 8 SEMESTER GENAP

PETUNJUK KHUSUS: Untuk mengasah dan menguji kemampuan cara berpikir Anda secara rasional, logis dan kritis, pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan   pada bulatan di depan   huruf          A , B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!   1.           Cara untuk menentukan Panjang sisi x pada gambar di bawah adalah… .   2.           Perhatikan Gambar! Nilai a adalah… . A.     81                                  B.     16 C.    9 D.    5               3.           Perhatikangambar berikut! Nilai x adalah… A. 3,74 B. 5,29 C. 5 D. 10     4.       Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah Gedung kira – kira 8 meter. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapakah panjang    tangga minimum yang dibutuhkan agar kaki-kaki tangga tidak merusak taman tersebut? A. 16 B. 14 C. 12 D. 10   5.        Luas daerah yang di arsi

soal Pengayaan materi sistem koordinat kls 8

SOAL PENGAYAAN 1. Gambarlah titik A(2,-3), B(-4,5), C(3,6), dan D(-4,-6) pada bidang koordinat !      Penyelesaian : 2. Gambarlah garis l yang melalui titik B(-4,-1) dan tegak lurus sumbu-y!     Penyelesaian : 3. Gambarlah garis m yang melaui titik C(3,-5) dan tegak lurus sumbu -x!     Penyelesaian : 4. Gambarlah garis n yang melalui titik  D(-2,5) yang tidak tegak lurus terhadap sumbu x dan tidak tegak lurus terhadap sumbu y! Penyelasaian : 5. Gambarlah 4 titik K, L M dan N yang berjarak sama terhadap titik asal O(0,0)!     Penyelesaiana: 6. Gambarlah 4 titik P, Q, R, S yang berjarak sama terhadap titik A(2,-3)!     Penyelesaian : 7. Gambarlah titik A(-6,5), B(6,6), C(-5,6) dan D(3,-4) pada bidang koordinat!     a. Coba hubungkan keempat titik tersebut apa yang terjadi?     b. Coba gambar kembali keempat titik itu dengan syarat semua titik koordinat-x-nya dikurangi 2 dan koordinat-y-nya ditambah 2? Penyelesaian : 8. Gambarlah titik A(-2,3), B(4,3), C(1,2) dan