Langsung ke konten utama

AYO BERLATIH MENYELESAIKAN SOAL BAB.4 KLS.VIII


Soal : A
Perhatikan Tabel Di bawah Ini!
f(x+f(x+1))
f(1)
F(2)
f(1452)
x+3
4
0
....

Dari tabel dapat ditentukan nilai  fungsi
¦:x®¦(x), x <0, x ϵ Bilangan Bulat Positif dengan  f(x+f(x+1)) = x + 3 dan f(1) = 4 , f(2)=0 maka nilai dari f(1452) adalah.... 
A.      788
B.       766
C.      899
D.      988
PENYELESAIAN :
Diketahui : untuk ¦:x®¦(x), x <0, x ϵ Bilangan Bulat Positif dengan
f(x+f(x+1)) = x + 3; untuk :
X = 1 maka f(1)=4;  x=2 maka f(2) =0
Bisa secara berurut ditentukan sampai f(1452)  :
·      X=0 maka  f(0+f(0+1) = 0+3 didapat f(0+f(1) =3 maka f(4)=3
·      X=3 maka  f(3+f(3+1) = 3+3 didapat f(3+f(4) =6 maka f(3 + 3)=6
·      X=5 maka  f(5+f(5+1) = 5+3 didapat f(5+f(6) =8 maka f(11)=8
·      X=10 maka  f(10+f(10+1) = 10+3 didapat f(10+f(11) =13 maka f(18)=13
·      X=17 maka  f(17+f(17+1) = 17+3 didapat f(17+f(18) =20 maka f(30)=20
·      X=29 maka  f(29+f(29+1) = 29+3 didapat f(29+f(30) =32 maka f(49)=32
·      X=48 maka  f(48+f(48+1) = 48+3 didapat f(48+f(49) =51 maka f(80)=51
·      X=79 maka  f(79+f(79+1) = 79+3 didapat f(79+f(80) =82 maka f(130)=82
·      X=129 maka  f(129+f(129+1) = 129+3 didapat f(129+f(130) =132 maka f(211)=132
·      X=210 maka  f(210+f(210+1) = 210+3 didapat f(210+f(211) =213 maka f(342)=213
·      X=341 maka  f(341+f(341+1) = 341+3 didapat f(341+f(342) =344 maka f(554)=344
·      X=553 maka  f(553+f(553+1) = 553+3 didapat f(553+f(554) =556 maka f(897)=556
      X=896 maka  f(896+f(896+1) = 896+3 didapat f(896+f(897) =899
      maka f(1452)=899 JAWABAN : C
SOAL ; B
Misal ¦ adalah suatu fungsi yang memetakan dari bilangan bulat positif ke bilangan bulat positif dan didefinisikan dengan ¦(ab) = b. ¦(a) + a. ¦(b) jika ¦(10) = 19; ¦(12) = 52; dan ¦(15) = 26. Tentukan  nilai dari ¦(8)!
PENYELESAIAN :
Alternatif Jawaban :
¦(ab)=a¦(b)+b¦(a)
¦(10) = ¦(2.5) =2 ¦(5) + 5 ¦(2) = 19....(i)
¦(12) = ¦(4.3) = 4¦(3) +3¦(4)= 52..... (ii)
¦(15) = ¦(5.3)  = 5¦(3) +3¦(5)=26.....(iii)
¦(8) = ¦(4.2) =4 ¦(2) +2 ¦(4)  =.....
Eliminasi (i) dan (iii)
2 ¦(5) + 5 ¦(2) = 19         x3
5¦(3) +  3¦(5) = 26          x2

6 ¦(5) + 15 ¦(2) = 57
10¦(3) +  6¦(5) = 52 –
15 ¦(2)- 10¦(3) = 5 ..... (iv)

Eliminasi (ii) dan (iv)
4 ¦(3) + 3 ¦(4) = 52         x10
-10¦(3)+15¦(2) = 5          x4

40 ¦(3) + 30 ¦(4) = 520
-40 ¦(3) + 60 ¦(2) = 20  +
 30¦(4) + 60 ¦(2) = 540 (:10)
3¦(4) + 6 ¦(2) = 54 (:3)
¦(4) + 2¦(2) = 18 (x2)
2¦(4) + 4 ¦(2) = 36
Jadi 2¦(4) + 4 ¦(2) =36
MAKA ¦(8)=36




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PLSV DAN PtLSV

ULANGAN HARIAN 4 MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER I ALJABAR Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Isilah Pertanyaan-Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Memilih Jawaban Yang Benar ! Persamaan Linear Satu Variabel 1.      Hasil kali lima dan dua adalah tiga. Kalimat tersebut merupakan .... a.    kalimat terbuka c.    kalimat yang salah b.    kalimat yang benar d.    kalimat tak berarti 2.      Perhatikan pernyataan berikut : (i)   x – 2 = 8 (ii)   12 + 3 = 15 (iii) 6a + 4 = 5a – 7 (iv) p adalah bilangan prima Yang merupakan kalimat terbuka adalah .... a.    (i), (ii), dan (iii) c.    (i), (ii), dan (iv) b.   (i), (ii), dan (iv) d. (ii), (iii), dan (iv) 3.      Kalimat matematika x + 6 = 10 disebut .... a.    kalimat benar c.    ketidaksamaan b.    persamaan d.   

PR MTK KLS 8 SEMESTER GENAP

PETUNJUK KHUSUS: Untuk mengasah dan menguji kemampuan cara berpikir Anda secara rasional, logis dan kritis, pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan   pada bulatan di depan   huruf          A , B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!   1.           Cara untuk menentukan Panjang sisi x pada gambar di bawah adalah… .   2.           Perhatikan Gambar! Nilai a adalah… . A.     81                                  B.     16 C.    9 D.    5               3.           Perhatikangambar berikut! Nilai x adalah… A. 3,74 B. 5,29 C. 5 D. 10     4.       Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah Gedung kira – kira 8 meter. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapakah panjang    tangga minimum yang dibutuhkan agar kaki-kaki tangga tidak merusak taman tersebut? A. 16 B. 14 C. 12 D. 10   5.        Luas daerah yang di arsi

soal Pengayaan materi sistem koordinat kls 8

SOAL PENGAYAAN 1. Gambarlah titik A(2,-3), B(-4,5), C(3,6), dan D(-4,-6) pada bidang koordinat !      Penyelesaian : 2. Gambarlah garis l yang melalui titik B(-4,-1) dan tegak lurus sumbu-y!     Penyelesaian : 3. Gambarlah garis m yang melaui titik C(3,-5) dan tegak lurus sumbu -x!     Penyelesaian : 4. Gambarlah garis n yang melalui titik  D(-2,5) yang tidak tegak lurus terhadap sumbu x dan tidak tegak lurus terhadap sumbu y! Penyelasaian : 5. Gambarlah 4 titik K, L M dan N yang berjarak sama terhadap titik asal O(0,0)!     Penyelesaiana: 6. Gambarlah 4 titik P, Q, R, S yang berjarak sama terhadap titik A(2,-3)!     Penyelesaian : 7. Gambarlah titik A(-6,5), B(6,6), C(-5,6) dan D(3,-4) pada bidang koordinat!     a. Coba hubungkan keempat titik tersebut apa yang terjadi?     b. Coba gambar kembali keempat titik itu dengan syarat semua titik koordinat-x-nya dikurangi 2 dan koordinat-y-nya ditambah 2? Penyelesaian : 8. Gambarlah titik A(-2,3), B(4,3), C(1,2) dan