Langsung ke konten utama

KUNCI JAWABAN KUIS 1,2 DAN 3 SERI SEMANGAT GURU NONTEKNIS DALAM ADAFTASI TEKNOLOGI

 dapat dilihat pada link : https://drive.google.com/file/d/1VtjTDN6JCKiYcWhE9cGZ1veU--WBdNsX/view?usp=sharing

Jawaban Kuis Pelajaran 1,2,3 Synchronous: Creativity – Konten dan Teknik Penceritaan - Semangat Guru

 

QUIS 1

Apakah itu resiliensi?

Kemampuan seseorang untuk bangkit dari desakan kemunduran (atau kegagalan)

2. Apa hubungan SAMR dengan resiliensi?

 Mengetahui SAMR memberikan gambaran kita harus seberapa resilien

3. Apakah itu SAMR?

Tingkat kematangan seorang guru memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran

4. SAMR adalah singkatan dari…

Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition

5. Pernyataan yang BENAR tentang adopsi teknologi adalah

Saya harus fokus pada tingkat berpikir dalam pembelajaran murid

6. Dengan cara apa saya dapat menjadi resilien dalam mengembangkan kompetensi elearning saya?

Berikan waktu untuk belajar. Tidak perlu terburu-buru.

 Usahakan bisa belajar bersama orang lain untuk saling bertukar keterampilan dan dukungan semangat. Buat kelompok kecil, bergabung dengan komunitas, dll.

 Tidak perlu tergoda dengan kecemasan bahwa harus sering belajar aplikasi baru.

 Semua jawaban benar

7. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Substitution?

 Kegiatan pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).

8. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Redefinition?

Setelah adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.

9. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Modification?

Ada banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)

10. Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Augmentation?

Kegiatan pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.

11. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk sesi diskusi mandiri dan tanya jawab dengan murid. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:

Augmentation

12. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk metode ceramah. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:

Substitution

13. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya bisa bertemu dengan para pakar dan membawa murid saya ke luar kelas melalui field trip virtual. Pemanfaatkan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:

Modification

14. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya mengadakan festival webinar projek pameran dan/atau pentas virtual. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat.

Redefinition

 Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 2

1.     Apa itu berpikir kritis?

o    Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain

o    Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat

o    Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.

o    Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.

Correct

2.     Apa produk berpikir kritis?

o    Konsep

o    Gagasan baru

o    Penilaian dan keyakinan

o    Solusi

Correct

3.     Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?

o    Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered learning.

o    Student-centered learning adalah prasyarat elearning yang efektif

o    A dan B benar

o    A dan B salah.

Correct

4.     Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?

o    SSSP adalah praktik berpikir kritis.

o    SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.

o    SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.

o    Semua jawaban benar

Correct

5.     Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

o    Observasi

o    Insight

o    Emosi

o    Ingatan

Correct

6.     Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

o    Observasi

o    Insight

o    Emosi

o    Ingatan

Correct

7.     Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis

o    Setiap orang terampil berpikir kritis

o    Setiap orang mampu berpikir kritis

o    Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis

o    Semua jawaban benar.

Correct

8.     Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

o    Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar

o    Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid

o    Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)

o    Semua jawaban benar

Correct

9.     Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?

o    Topik pelajaran

o    LIrik lagu pop

o    Alur cerita film fiksi sains

o    Semua jawaban benar.

Correct

10.  Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

o    Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.

o    Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan

o    JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat

o    Semua benar

 

 

KUIS PEMBELAJARAN 3

Apa isi dari sebuah konten?

A.     Informasi

B.     Hiburan

C.     Ajakan

D.     Semua benar

Diantara dibawah ini mana tahapan pertama untuk membuat konten?

A.     Membuat rencana

B.     Memasarkan

C.     Mengeksekusi

D.     Memviralkan

Dibawah ini yang termasuk tiga komponen utama yang perlu diperhatikan pada saat membuat rencana adalah :

A.    Mengerti persis apa masalahnya

B.    Mengerti persis apa solusi paling tepat

C.   Mengerti persis pemirsanya

D.   Semuanya benar

 

Tiga Kunci dalam eksekusi konten adalah :

A.    Impact, Communication, Execution

B.    Impact, Execution, Persuasion

C.   Impact, Communication, Persuasion

D.   Execuion, Persuasion, Impact

 

Dalam proses pembuatan konten, diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut adalah pertanyaan validasi kecuali :

A.    Apakah konten ini menarik?

B.    Apakah konten ini akan viral?

C.   Apakah konten ini informatif?

D.   Apakah konten ini membuat orang lain menjadi peduli?

 

Hook secara literal dapat diartikan sebagai :

A.    Pengait

B.    Pengikat

C.   Pelindung

D.   Persatuan

 

Manakah dari pernyataan di bawah ini yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :

A.    Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan

B.    Struktur dasar yang digunakan dalam menulis drama, film dan penceritaan

C.   Perkenalan pada cerita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton

D.   Konflik dalam sebuah cerita yang diciptakan sehingga menjadi seru

 

Hal apa saja yang termasuk dalam struktur tiga babak :

A.    Evolusi

B.    Revolusi

C.   Ekspresi

D.   Resolusi

 

Apa sajakah kelebihan teknik penceritaan?

A.    Cerita mudah diingat

B.    Cerita menarik perhatian pembaca

C.   Cerita menggugah perasaan pembaca

D.   Cerita mudah ditebak akhirnya

 

Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20 kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?

A.    J.K Rowling

B.    Charles Dickens

C.   Jerome Bruner

D.   Anna Freud

 

Apakah fungsi utama hook?

A.    Menjadikan konten yang diciptakan menjadi seru dan menarik untuk terus dilihat

B.    Membuat penonton melihat ke depan dalam beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara sukarela meneruskan untuk melihat konten yang disajikan

C.   Membuat dan membangun konflik dan resolusi yang jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman belajar berkesan

D.   Memastikan kejelasan cerita

 

Dalam teknik penceritaan, hook adalah :

A.    Penentuan apakah cerita ini menarik

B.    Membuat konten yang membuat kepedulian

C.   Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan

D.   Perkenalan pada ceita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton dan keseluruhan cerita

 

Masalah teratasi merupakan bagian dari struktur tiga babak yaitu :

A.    Ekspresi

B.    Impact

C.   Persuation

D.   Resolusi

 

Apakah yang dapat membuat sebuah konten yng diciptakan menjadi seru?

A.    Konflik dan resolusi

B.    Communication

C.   Plot cerita

D.   Peran utama

 

Manakah yang termasuk dalam tips untuk membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?

A.    Menyampaikan dengan pengantar yang tepat

B.    Mengerti persis masalahnya

C.   Memastikan kejelasan cerita

D.   Biarkan konflik menggantung

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PLSV DAN PtLSV

ULANGAN HARIAN 4 MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER I ALJABAR Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Isilah Pertanyaan-Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Memilih Jawaban Yang Benar ! Persamaan Linear Satu Variabel 1.      Hasil kali lima dan dua adalah tiga. Kalimat tersebut merupakan .... a.    kalimat terbuka c.    kalimat yang salah b.    kalimat yang benar d.    kalimat tak berarti 2.      Perhatikan pernyataan berikut : (i)   x – 2 = 8 (ii)   12 + 3 = 15 (iii) 6a + 4 = 5a – 7 (iv) p adalah bilangan prima Yang merupakan kalimat terbuka adalah .... a.    (i), (ii), dan (iii) c.    (i), (ii), dan (iv) b.   (i), (ii), dan (iv) d. (ii), (iii), dan (iv) 3.      Kalimat matematika x + 6 = 10 disebut .... a.    kalimat benar c.    ketidaksamaan b.    persamaan d.   

PR MTK KLS 8 SEMESTER GENAP

PETUNJUK KHUSUS: Untuk mengasah dan menguji kemampuan cara berpikir Anda secara rasional, logis dan kritis, pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan   pada bulatan di depan   huruf          A , B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!   1.           Cara untuk menentukan Panjang sisi x pada gambar di bawah adalah… .   2.           Perhatikan Gambar! Nilai a adalah… . A.     81                                  B.     16 C.    9 D.    5               3.           Perhatikangambar berikut! Nilai x adalah… A. 3,74 B. 5,29 C. 5 D. 10     4.       Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah Gedung kira – kira 8 meter. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapakah panjang    tangga minimum yang dibutuhkan agar kaki-kaki tangga tidak merusak taman tersebut? A. 16 B. 14 C. 12 D. 10   5.        Luas daerah yang di arsi

soal Pengayaan materi sistem koordinat kls 8

SOAL PENGAYAAN 1. Gambarlah titik A(2,-3), B(-4,5), C(3,6), dan D(-4,-6) pada bidang koordinat !      Penyelesaian : 2. Gambarlah garis l yang melalui titik B(-4,-1) dan tegak lurus sumbu-y!     Penyelesaian : 3. Gambarlah garis m yang melaui titik C(3,-5) dan tegak lurus sumbu -x!     Penyelesaian : 4. Gambarlah garis n yang melalui titik  D(-2,5) yang tidak tegak lurus terhadap sumbu x dan tidak tegak lurus terhadap sumbu y! Penyelasaian : 5. Gambarlah 4 titik K, L M dan N yang berjarak sama terhadap titik asal O(0,0)!     Penyelesaiana: 6. Gambarlah 4 titik P, Q, R, S yang berjarak sama terhadap titik A(2,-3)!     Penyelesaian : 7. Gambarlah titik A(-6,5), B(6,6), C(-5,6) dan D(3,-4) pada bidang koordinat!     a. Coba hubungkan keempat titik tersebut apa yang terjadi?     b. Coba gambar kembali keempat titik itu dengan syarat semua titik koordinat-x-nya dikurangi 2 dan koordinat-y-nya ditambah 2? Penyelesaian : 8. Gambarlah titik A(-2,3), B(4,3), C(1,2) dan