dapat dilihat pada link : https://drive.google.com/file/d/1VtjTDN6JCKiYcWhE9cGZ1veU--WBdNsX/view?usp=sharing
Jawaban Kuis Pelajaran 1,2,3 Synchronous: Creativity – Konten
dan Teknik Penceritaan - Semangat Guru
QUIS 1
Apakah itu resiliensi?
Kemampuan
seseorang untuk bangkit dari desakan kemunduran (atau kegagalan)
2. Apa
hubungan SAMR dengan resiliensi?
Mengetahui
SAMR memberikan gambaran kita harus seberapa resilien
3. Apakah itu SAMR?
Tingkat kematangan seorang guru memanfaatkan
teknologi untuk pembelajaran
4. SAMR adalah
singkatan dari…
Substitution, Augmentation, Modification,
Redefinition
5. Pernyataan
yang BENAR tentang adopsi teknologi adalah
Saya harus fokus pada tingkat berpikir dalam
pembelajaran murid
6. Dengan cara
apa saya dapat menjadi resilien dalam mengembangkan kompetensi elearning saya?
Berikan
waktu untuk belajar. Tidak perlu terburu-buru.
Usahakan
bisa belajar bersama orang lain untuk saling bertukar keterampilan dan dukungan
semangat. Buat kelompok kecil, bergabung dengan komunitas, dll.
Tidak
perlu tergoda dengan kecemasan bahwa harus sering belajar aplikasi baru.
Semua
jawaban benar
7. Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Substitution?
Kegiatan pembelajaran sama antara sebelum
dan sesudah adopsi teknologi (baru).
8. Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Redefinition?
Setelah adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar
sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi yang baru
diadopsi.
9. Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Modification?
Ada banyak kegiatan pembelajaran yang berubah
setelah adopsi teknologi (baru)
10. Apakah karakteristik
penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Augmentation?
Kegiatan pembelajaran setelah adopsi teknologi
(baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan
teknologi yang baru diadopsi.
11. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk
sesi diskusi mandiri dan tanya jawab dengan murid. Pemanfaatan teknologi dengan
cara ini mencerminkan tingkat:
Augmentation
12. Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk metode ceramah. Pemanfaatan teknologi
dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Substitution
13. Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya bisa bertemu dengan
para pakar dan membawa murid saya ke luar kelas melalui field trip virtual.
Pemanfaatkan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Modification
14. Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya mengadakan festival
webinar projek pameran dan/atau pentas virtual. Pemanfaatan teknologi dengan
cara ini mencerminkan tingkat.
Redefinition
Kuis Penilaian Awal –
Pelajaran 2
1. Apa itu berpikir
kritis?
o Membuat
konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain
o Menciptakan
gagasan yang baru dan bermanfaat
o Memutuskan
apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.
o Merumuskan
solusi terhadap suatu masalah.
Correct
2. Apa produk berpikir
kritis?
o Konsep
o Gagasan
baru
o Penilaian
dan keyakinan
o Solusi
Correct
3. Apa peran berpikir
kritis dalam praktik elearning?
o Berpikir
kritis adalah prasyarat student-centered learning.
o Student-centered
learning adalah prasyarat elearning yang efektif
o A
dan B benar
o A
dan B salah.
Correct
4. Apa hubungan antara
berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?
o SSSP
adalah praktik berpikir kritis.
o SSSP
adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.
o SSSP
tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.
o Semua
jawaban benar
Correct
5. Tujuan utama pernyataan
“Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran
dalam
o Observasi
o Insight
o Emosi
o Ingatan
Correct
6. Tujuan utama pernyataan
“Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran
dalam
o Observasi
o Insight
o Emosi
o Ingatan
Correct
7. Pernyataan yang benar
tentang berpikir kritis
o Setiap
orang terampil berpikir kritis
o Setiap
orang mampu berpikir kritis
o Ada
orang yang tidak bisa berpikir kritis
o Semua
jawaban benar.
Correct
8. Dalam bentuk apa saja
Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
o Sesering
mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar
o Sesering
mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid
o Menjadikan
penilain tugas murid (misalnya di presentasi)
o Semua
jawaban benar
Correct
9. Mana yang bisa menjadi
stimulus untuk mempraktikkan ?
o Topik
pelajaran
o LIrik
lagu pop
o Alur
cerita film fiksi sains
o Semua
jawaban benar.
Correct
10. Apa yang ingin dilatih
melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
o Hindari
menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.
o Selalu
siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan
o JIka
terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya
dapat
o Semua
benar
KUIS PEMBELAJARAN 3
Apa isi dari sebuah konten?
A. Informasi
B. Hiburan
C. Ajakan
D. Semua benar
Diantara dibawah ini mana tahapan pertama untuk membuat konten?
A. Membuat rencana
B. Memasarkan
C. Mengeksekusi
D. Memviralkan
Dibawah ini yang termasuk tiga komponen utama yang perlu diperhatikan
pada saat membuat rencana adalah :
A. Mengerti persis apa
masalahnya
B. Mengerti persis apa
solusi paling tepat
C. Mengerti persis
pemirsanya
D. Semuanya benar
Tiga Kunci dalam eksekusi konten
adalah :
A. Impact,
Communication, Execution
B. Impact, Execution,
Persuasion
C. Impact, Communication,
Persuasion
D. Execuion,
Persuasion, Impact
Dalam proses pembuatan konten,
diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut
adalah pertanyaan validasi kecuali :
A. Apakah konten ini
menarik?
B. Apakah konten ini akan
viral?
C. Apakah konten ini
informatif?
D. Apakah konten ini
membuat orang lain menjadi peduli?
Hook secara literal dapat diartikan
sebagai :
A. Pengait
B. Pengikat
C. Pelindung
D. Persatuan
Manakah dari pernyataan di bawah ini
yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :
A. Elemen yang dapat
menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
B. Struktur dasar yang
digunakan dalam menulis drama, film dan penceritaan
C. Perkenalan pada
cerita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton
D. Konflik dalam
sebuah cerita yang diciptakan sehingga menjadi seru
Hal apa saja yang termasuk dalam
struktur tiga babak :
A. Evolusi
B. Revolusi
C. Ekspresi
D. Resolusi
Apa sajakah kelebihan teknik
penceritaan?
A. Cerita mudah diingat
B. Cerita menarik
perhatian pembaca
C. Cerita menggugah
perasaan pembaca
D. Cerita mudah
ditebak akhirnya
Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20
kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?
A. J.K Rowling
B. Charles Dickens
C. Jerome Bruner
D. Anna Freud
Apakah fungsi utama hook?
A. Menjadikan konten
yang diciptakan menjadi seru dan menarik untuk terus dilihat
B. Membuat penonton
melihat ke depan dalam beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara
sukarela meneruskan untuk melihat konten yang disajikan
C. Membuat dan membangun
konflik dan resolusi yang jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman
belajar berkesan
D. Memastikan
kejelasan cerita
Dalam teknik penceritaan, hook adalah
:
A. Penentuan apakah
cerita ini menarik
B. Membuat konten yang
membuat kepedulian
C. Elemen yang dapat
menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
D. Perkenalan pada
ceita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton dan keseluruhan
cerita
Masalah teratasi merupakan bagian
dari struktur tiga babak yaitu :
A. Ekspresi
B. Impact
C. Persuation
D. Resolusi
Apakah yang dapat membuat sebuah
konten yng diciptakan menjadi seru?
A. Konflik dan resolusi
B. Communication
C. Plot cerita
D. Peran utama
Manakah yang termasuk dalam tips
untuk membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?
A. Menyampaikan dengan
pengantar yang tepat
B. Mengerti persis
masalahnya
C. Memastikan
kejelasan cerita
D. Biarkan konflik
menggantung
Komentar
Posting Komentar